Let's join to be our partner Join Now!

Pentingnya Psikologi Warna dalam Desain Grafis

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

Pentingnya Warna dalam Desain Grafis.

Jika pada kesempatan sebelumnya kita telah berbagi berbagai macam hal tentang desain, pada kesempatan kali ini kita akan belajar beberapa teori yang penting untuk dipelajari baik dalam dunia desain, bisnis maupun hubungan sosial yaitu “Teori Psikologi Warna”. Teori tentang psikologi warna dalam desain grafis merupakan hal yang sangat penting karena warna merupakan salah satu elemen yang tidak dapat dipisahkan dama desain grafis. Elemen warna dalam desain grafis mempunyai makna tersendiri, namun juga dipengaruhi oleh unsur keilmuan lainnya dalam hal warna seperti psikologi dan fengsui.
Sebagai salah satu elemen penting dalam desain grafis, warna memegang peranan sebagai sarana untuk mempertegas, memperkuat kesan/ tujuan desain grafis. Ketika anda ingin membuat membuat brosur, corporate identity/identitas perusahaan, kartu ucapan, banner, kartu undangan, anda memilih warna yang sesuai. Ketika Anda akan merancang sebuah brosur bertema laut/ bahari maka anda akan memilih warna biru dan senada. Selain itu dalam sebuah desain produk untuk sebuah perusahaan kita harus memasukkan warna identitas perusahaan atau produk tersebut. Cara ini dilakukan agar paduan warna senada dengan kesamaan pandangan dan kepahaman konsumen.
Hal yang perlu diketahui bagi seorang desainer adalah bahwa setiap warna memiliki pancaran dan panjang gelombang energi yang berbeda sehingga efek yang ditimbulkan pasti akan berbeda pula. Keberadaan warna yang ada saat ini bukan tercipta karena hasil alamiah, melainkan diciptakan dan memiliki makna setiap warnanya.

Apa Itu Psikologi Warna?

Sebelum melanjutkan pembahasan mengenai warna, peril diulas terlebih dahulu terkait pengertian dari psikologi warna itu sendiri. Psikologi warna merupakan ilmu yang mempelajari dan membahas tentang warna yang dapat mempengaruhi pandangan dan perilaku manusia. Jika dalam dunia bisnis maka, pemilihan warna tidak boleh asal harus sesuai dengan arti dari bisnis tersebut. Salah satu contoh yang paling mudah adalah dalam pemilihan warna untuk logo yang akan menjadi cirikhas atau brand dari sebuah bisnis atau perusahaan, tidak boleh hanya karena suka terhadap suatu warna lalu memakainya dalam setiap desain kita.
Contoh nyata penggunaan warna dalam bisnis adalah contoh warna-warna yang dipakai oleh beberapa Bank di Indonesia saat ini, Bank BRI, BCA, Mandiri, BTN dimana kebanyakan dari mereka menggunakan warna biru. Kenapa warna dominan yang dipilih biru? Karena psikologi warna biru memiliki arti kepercayaan. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas psikologi dari masing-masing warna berikut ini:

Psikologi Warna

Setiap warna memiliki pengaruh terhadap psikologi seorang, berikut daftar warnanya berikut dengan pembahasannya:

  • Merah


Psikologi warna merah memiliki arti power, energi, cinta, kehangatan, percaya diri, perjuangan, dinamis, semangat. Warna merah biasanya digunakan untuk memacu tingkat emosional sesorang dan merupakan warna yang paling menarik perhatian. Contoh bisnis besar yang menggunakan warna merah seperti Canon, Coca Cola, Toyota, Honda, CNN, ACE Hardware dan Mc Donald’s.

  • Merah Muda


Warna merah muda atau pink melambangkan cinta, romantisme, kehangatan, feminim. Warna pink juga identik dengan wanita, jadi Anda bisa mengaplikasikan warna pink dalam bisnis yang ada kaitannya salah satunya dengan wanita. Contoh bisnis yang menggunakan warna pink seperti Dunkin Donuts, Barbie, Baskin Robins dan Victoria’s Secret.

  • Orange


Arti warna orange adalah kuat, hangat, penuh ambisi, energik, keakraban, ramah, petualangan, optimis, percaya diri. Warna orange adalah perpaduan antara warna merah dengan warna kuning. Contoh logo bisnis yang menggunakan warna orange seperti website Qwords, Mastercard, Harley Davidson, Blogger, Mozila Firefox, Fanta dll.

  • Kuning


Kuning menjadi warna yang cerah menandakan keceriaan, optimis, harapan, kegembiraan, penuh energi, antusiasme. Warna kuning juga dapat digunakan untuk menarik perhatian seperti warna mearh, tetapi Anda perlu pintar-pintar mengkombinasikannya dengan warna lain agar tidak mati warnanya. Contoh bisnis yang menggunakan warna kuning seperti Ferrari, Nikon, DHL, Shell, Stanley dll.

  • Hijau


Psikologi warna hijau melambangkan dengan alam. Artinya warna hijau memiliki sifat tentang kehidupan, ketenangan, rileksasi, kemudahan, penyembuhan, kesegaran, kesejukan, jaminan. Contoh bisnis yang menggunakan warna hijau Spotify, Tokopedia, Gojek, Grab, Starbucks, Sprite dll.

  • Biru


Warna biru sering dipakai untuk bisnis-bisnis yang mengedepankan kepercayaan, seperti contoh diawal sering dipakai untuk perusahaan perbankan. Warna biru muda biasanya memberikan efek kepercayaan lebih dominan, sedangkan warna biru tua lebih memberikan kesan kecerdasan. Arti psikologi warna biru mengambarkan kepercayaan, konsistensi, ketenangan, keyakinan, keseriusan, profesionalitas. Contoh perusahaan yang menggunakan warna biru seperti BCA, BRI, Facebook, Samsung, HP, Ford, WordPress, Skype, Linkedin.

  • Ungu


Arti warna ungu melambangkan pengharapan besar, aura spiritual, misterius menarik perhatian, bermartabat, independen, sensivitas, kekuatan, imajinasi, obsesif, ambisius. Warna ungu ini unik, jarang ditemui di alam. Warna ini diciptakan dari pencampuran warna biru dengan merah. Contoh bisnis yang menggunakan warna ungu adalah Yahoo, Cadbury, Taco Bell, FedEx, Apollo, Craiglist dll.

  • Coklat


Warna coklat identik dengan sesuatu yang natural. Warna coklat adalah warna alam yang bisa dipadukan dengan warna alam lainnya seperti hijau dan biru. Wana coklat dalam psikologi warna memiliki arti kelembutan, kehangatan, dukungan, rasa nyaman, keseriusan, kesederhanaan, matang. Contoh warna coklat digunakan pada perusahaan A&W, Nespresso, M&Ms, Louis Vuitton, Dreyers.

  • Emas


Emas adalah salah satu komoditi yang berharga saat ini dan memiliki prestise yang tinggi. Warna emas melambangkan kesuksesan, kemewahan, kemenangan, kemakmuran, prestasi. Tidak banyak ditemui brand bisnis yang menggunakan warna emas sebagai warna utama.

  • Silver


Warna silver hampir memiliki kesamaan dengan warna emas. Warna silver melambangkan harta, kekayaan, glamor, canggih, harmonis. Contoh perusahaan yang menggunakan warna silver didominasi oleh pabrikan mobil ternama dunia seperti Lexus, Infinity, Peugeot, Mercedes Benz.

  • Putih


Warna putih memiliki arti keyakinan, kesucian, lemah lembut, kebersihan, steril, kemurnian, ringan, kebebasan. Warna putih ini juga banyak dipakai sebagai kombinasi dari warna-warna lain, tetapi tidak jarang warna putih menjadi warna utama dalam logo. Dalam prakteknya paling banyak ditemukan kombinasi warna hitam dan putih.

  • Hitam


Psikologi warna hitam melambangkan kekuatan, percaya diri, keamanan, melindungi, keteguhan, misterius, emosiaonal, keabadian. Banyak perusahaan yang menggunakan warna hitam, walaupun bukan warna mayoritasnya. Soalnya warna hitam jika dikombinasikan warna lain hasilnya akan jauh lebih bagus.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai Pengertian Psikologi Warna Dalam Desain Grafis. Apabila ada pertanyaan atau ada sesuatu yang kurang sesuai silahkan bertanya serta memberi saran dan kritik melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Bagi Anda yang membutuhkan website untuk keperluan bisnis atau sedang mencari penyedia layanan hosting murah namun berkualitas, Kami memiliki rekomendasi Hosting Murah untuk keperluan bisnis Anda. Mulai dengan harga Rp 10.000 saja Anda sudah bisa memiliki layanan hosting terbaik dengan fitur lengkap, dari auto install WordPress, cPanel lengkap, hingga SSL gratis. Ada banyak peluang bisa Anda raih dari rumah dengan memiliki website. Manfaatkan diskon hosting hingga 75% dengan menggunakan kode kupon “Edelweiss25” (tanpa tanda kutip “ ”) dan tetap produktif di rumah bersama Niagahoster. Jaminan server uptime 99,98% memungkinkan website Anda selalu online sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan trafik dan pendapatan. Tunggu apalagi onlinekan bisnismu dengan website sekarang juga.

BELI DISINI

Post a Comment

Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.