Let's join to be our partner Join Now!

Optimalisasi Penjualan Di Marketplace Melalui Website

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Seiring perkembangan zaman yang kini mulai memasuki era industri 4.0 yang diringi dengan semakin cepat dan semakin canggihnya teknologi menyebabkan banyak perkembangan dan kemajuan  sosial ekonomi masyarakat terutama dalam hal pertukaran informasi. Kehadiran internet saat ini seolah menjadi kebutuham primer bagi masyarakat yang tidak dapat dipisahkan. Dengan teknologi informasi yang semakin canggih, internet telah mengubah pola interaksi masyarakat, baik interaksi sosial, ekonomi, bisnis, pendidikan serta budaya. Internet telah memberikan banyak kontribusi besar bagi masyarakat, perusahaan/industri maupun bagi pemerintah. Kehadiran internet selain mempermudah pertukaran informasi, internet juga menjadi media perantara untuk mempermudah proses transaksi bisnis baik penjualan, pembelian, peserdiaan dan pemesanan. Transaksi yang memanfaatkan internet seperti ini disebut dengan E-Commerse. Salah satu bentuk E-Commerse yang sering kita gunakan transaksi jual beli online baik melalui website atau blog maupun marketplace seperti Tokopedia dan Lazada.

Marketplace dan website merupakan salah satu dari banyaknya pasar virtual dimana penjual dan pembeli melakukan berbagai macam transaksi. Istilah marketplace cenderung lebih familiar ditelingan masyarakat sebagai tempat jual beli online bila dibandingkan dengan website. Hal ini karena kebanyakan orang lebih memilih melakukan transaksi jual beli melalui online marketplace seprti Lazada dan Tokopedia yang simple dan praktis. Selain itu kelebihan dari marketplace sebagai media jual beli online adalah adanya fitur dan regulasi marketplace yang baik sehingga mampu meningkatkan kedibilitas serta keamanan toko yang akan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Sehingga bila dibandingkan antara marketplace dengan website sebagai tempat jual beli online masyarakan akan memilih marketplace dibandingkan website. Namun, dibalik kelebihan mudahnya akses online marketplace mengakibatkan persaingan antar pedangan di marketplace juga menjadi tinggi. Dengan banyaknya penjual memungkinkan banyak produk sama yang dijual pula sehingga perlu adanya strategi yang baik dalam penjualan untuk mendapatkan pembeli.


Salah satunya adalah dengan memanfaatkan website sebagai media promosi untuk membantu meingkatkan penjualan atau untuk personal branding. Banyak dari calon pembeli yang mencari informasi produk yang akan mereka beli terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Sehingga dengan melihat kesempatan ini kita bisa memberikan detail produk yang kita jual. Peningkatan penggunaan internet yang semakin tinggi setiap hari memberikan peluang yang lebih besar, dengan memanfaatkan website yang mudah diakses oleh siapa saja dimana saja dan kapan saja sehingga jangkauan pemasaran akan menjadi semakin luas. Karena, dengan memiliki bisnis yang terintegrasi dengan website yang online 24 jam akan memperluas jangkauan pemasaran bisnis sehingga bisnis yang kita bangun akan mendapatkan lebih banyak pelanggan potensial.

Pemilik marketplace secara tersendiri sudah secara otomatis akan mempromosikan produk yang dijual di marketplace miliknya, namun dengan ketatnya persaingan yang ada konsumen akan tertarik pada penjual lain apabila mereka menawarkan diskon atau gratis ongkir. Sehingga dengan strategi pemasaran melalui website menjadi point plus dari marketplace yang dapat kita upayakan untuk menarik pelanggan. Transaksi jual beli yang terjadi dalam online marketplace yang melibatkan hubungan antar penjual bukan langsung pada tangan akhir (enduser)/customer menjadi kekurangan tersendiri bagi marketplace. Sehingga marketplace memerlukan komitmen jangka panjang dari organisasi yang akan memberikan kepercayaan dari semua pihak terutama kepercayaan dari pelanggan. Sehingga menjaga kesetiaan pelanggan menjadi sangat penting. Dengan memanfaatkan website kita bisa menerapkan strategi customer retention untuk menjaga kepercayaan pelanggan terhadap toko kita di online marketplace. Selain itu dengan website kita dapat membentuk brands bagi toko atau perusahaan kita. Proteksi brands yang berupa domain dalam website menjadi keuntungan tersendiri bagi kita, karena di internet tidak mungkin akan ada lebih dari satu nama domain yang sama karena sebuah domain ibarat alamat dari sebuah rumah. Pemilihan nama domain yang digunakan sebagai website bisnis menjadi hal yang penting. Hal ini karena nama domain yang digunakan akan menjadi identitas atau brand yang melekat dari website untuk bisnis kita. Selain sebagai identitas bisnis Domain yang unik serta mudah diingat merupakan salah satu faktor agar bisnis kita dapat dengan mudah ditemukan oleh calon konsumen dengan memanfaatkan teknik digital marketing pada website.

Memiliki sebuah web dengan nama domain sendiri ini akan membuat meningkatkan kredibilitas toko atau bisnis kita sehingga akan terlihat profesional. Selain itu, dengan memiliki nama domain sendiri yang unik dan mudah diingat akan mendapatkan kepercayaan lebih dibandingkan dengan menggunakan nama domain website gratis seperti blogspot atau wordpress yang akan menurunkan kepercayaan pelanggan. Banyak platform yang menyediakan nama domain. Selain menyediakan nama domain mereka juga menyediakan hosting untuk tempat domain tersebut. Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak web yang menyediakan layanan domain murah namun mempunyai kualitas yang baik seperti rumahweb.com. melalui penyedia layanan wen hosting seperti rumah web.com ini kita dapat menyewa layanan domain dengan jangka waktu tertentu dengan harga yang bervariasi, dan tidak jarang kita juga bisa mendapatkan domain gratis selamanya apabila sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh penyedia web hosting.


Dari berbagai dan kelebihannya marketplace menjadi pilihan tepat sebagai tempat untuk jual beli online. Namun, kita juga tidak bisa berharap banyak kepada marketplace tersebut. Sebab, kita tidak mempunyai kendali penuh dalam meningkatkan bisnis kita selayaknya dengan membuat website ecommerce sendiri. Sehingga dapat dikatakan bahwa marketplace dan website merupakan dua hal yang saling berkaitan satu sama lain untuk meningkatkan bisnis online kita saat ini. Dengan website bisnis kita akan lebih mudah muncul di hasil pencarian Google, mempunyai branding yang lebih kuat, serta bisa lebih dipercaya oleh konsumen.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda mempertimbangkan tempat yang cocok untuk melakukan bisnis online baik di marketplace maupun di website. Namun, anda juga bisa memanfaatkan kedua tempat tersebut. Jika anda berminat menggunakan website, anda bisa memasang Hosting Indonesia untuk meningkatkan bisnis online ada sehingga bisnis yang anda jalankan bisa berjalan dengan maksimal dan sesuai dengan harapan dalam menghasilkan uang.


Post a Comment

Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.