Let's join to be our partner Join Now!

20 Istilah Dasar Dunia Blogging dan Website yang Wajib Kamu Ketahui

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

website

20 Istilah Dasar Dunia Blogging dan Website yang Wajib Kamu Ketahui
Image by StartupStockPhotos from Pixabay

Story Edelweiss - Dalam era digital ini, blogging dan pembuatan website telah menjadi hal yang tidak terhindarkan bagi banyak individu, perusahaan, dan organisasi. Seiring dengan kemajuan teknologi, muncul pula berbagai istilah yang terkait dengan dunia blogging dan website. Dalam artikel ini, kita akan melakukan analisis mendalam terhadap beberapa istilah kunci yang sering digunakan dalam konteks ini. Pemahaman mendalam terhadap istilah-istilah ini sangat penting untuk mereka yang terlibat dalam dunia online, baik sebagai blogger, pengembang web, atau bahkan sebagai pengguna internet biasa.

Berikut ini adalah beberapa istilah yang berkaitan dengan dunia blogging maupun website :

1. Blogging

Blogging adalah kegiatan menulis atau mempublikasikan konten secara berkala di suatu platform online. Istilah ini berasal dari kata "weblog," yang awalnya digunakan untuk merujuk pada bentuk jurnal online. Dalam konteks modern, blogging melibatkan pembuatan konten beragam, seperti artikel, foto, video, atau podcast, yang diunggah secara teratur. Blogger sering menggunakan platform khusus seperti WordPress, Blogger, atau Medium.

2. Website

Website adalah kumpulan halaman yang terhubung di internet, membentuk satu kesatuan yang dapat diakses melalui domain tertentu. Setiap website memiliki alamat uniknya sendiri, yang dikenal sebagai URL (Uniform Resource Locator). Proses pembuatan website melibatkan beberapa tahap, termasuk pemilihan domain, pemilihan penyedia hosting, dan pengembangan desain serta fungsionalitas.

Baca Juga : Cara Membuat RSS Feeds Blogger Untuk Google News

3. SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah rangkaian praktik untuk meningkatkan visibilitas suatu website di mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo. Dengan menerapkan strategi SEO yang tepat, website atau blog dapat mendapatkan peringkat lebih tinggi di halaman hasil pencarian. Ini melibatkan penggunaan kata kunci yang relevan, optimasi konten, dan pembangunan tautan.

4. CMS

Content Management System atau CMS adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan mengelola konten di website tanpa memerlukan pengetahuan teknis mendalam. WordPress, Joomla, dan Drupal adalah contoh CMS yang populer. Dengan CMS, pengguna dapat dengan mudah mengelola konten mereka tanpa harus terlibat dalam detail teknis pengembangan web.

5. Domain

Domain adalah alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu website di internet. Proses pendaftaran domain melibatkan pemilihan nama yang unik dan pembayaran biaya pendaftaran. Pemilihan domain yang baik dapat mempengaruhi daya tarik dan kemudahan mengingat suatu website.

Ketika Anda membeli domain, itu seperti memilih dan mendaftarkan alamat untuk rumah Anda. Contohnya, jika rumah Anda adalah situs web, maka domain akan menjadi alamat web Anda. Misalnya, www.storyedelweiss.com bisa diibaratkan sebagai alamat rumah digital Anda di internet. Anda dapat memilih alamat yang unik dan sesuai dengan identitas atau tujuan situs web Anda.

6. Hosting

Hosting adalah layanan yang menyediakan ruang server untuk menyimpan data suatu website dan membuatnya dapat diakses melalui internet. Ada berbagai jenis hosting, termasuk shared hosting, VPS (Virtual Private Server), dan dedicated hosting. Pemilihan jenis hosting akan mempengaruhi kinerja dan keamanan website.

Setelah Anda memiliki alamat (domain), Anda membutuhkan tempat untuk membangun rumah (menyimpan data dan file situs web). Inilah peran hosting. Layanan hosting menyediakan ruang atau tempat di server mereka untuk menyimpan semua file dan data yang membuat situs web Anda berjalan. Sebagai contoh, jika domain adalah alamat rumah, maka hosting adalah rumah itu sendiri di mana Anda menyimpan semua furnitur, barang, dan segala sesuatu yang membuat rumah menjadi fungsional. Jadi, doamain dapat di umpamakan sebagai alamat rumah sedangkan hosting adalah lahan yang digunakan untuk membangun rumah.

7. Responsive Design

Responsive design adalah pendekatan dalam desain web yang bertujuan untuk membuat tampilan dan pengalaman pengguna optimal di berbagai perangkat dan ukuran layar. Dalam konteks ini, responsif tidak hanya merujuk pada seberapa cepat atau efisien suatu situs web merespons permintaan pengguna, tetapi juga merujuk pada kemampuan situs web tersebut untuk menyesuaikan tata letak dan elemen desain-nya dengan baik, tergantung pada ukuran layar perangkat yang digunakan oleh pengguna.

8. Backlink

Backlink, atau tautan balik, adalah tautan yang mengarah dari satu situs web ke situs web lain. Backlink sering dianggap sebagai "jejak digital" atau referensi dari satu halaman web ke halaman web lainnya di internet. Tautan ini memainkan peran penting dalam algoritma mesin pencari, dan perannya sering diukur dalam konteks SEO (Search Engine Optimization).

Mesin pencari seperti Google menggunakan backlink sebagai salah satu faktor untuk menilai otoritas dan kredibilitas suatu situs web. Jika banyak situs berkualitas tinggi yang memberikan tautan ke suatu situs, itu dianggap sebagai indikator bahwa situs tersebut memiliki konten yang berharga.

Baca Juga :

9. Homepage

Homepage adalah halaman pertama atau halaman utama dari suatu situs web yang biasanya muncul ketika pengunjung mengakses domain utama situs tersebut. Homepage sering kali menjadi pusat navigasi dan titik awal untuk menjelajahi konten yang ada di dalam situs web.

10. Keyword

Keyword, atau kata kunci, merujuk pada kata atau frasa tertentu yang digunakan oleh pengguna mesin pencari untuk mencari informasi di internet. Dalam konteks SEO (Search Engine Optimization), keyword menjadi sangat penting karena mesin pencari menggunakan kata kunci sebagai dasar untuk menentukan relevansi halaman web terhadap permintaan pencarian pengguna.

11. Long Tail Keywords dan Short Tail Keywords:

Long tail keywords adalah frasa pencarian yang lebih panjang dan spesifik, sedangkan short tail keywords adalah kata atau frasa pencarian yang lebih umum. Short Tail Keywords ini merupakan kata kunci atau frasa pencarian yang lebih umum dan singkat. Meskipun memiliki volume pencarian yang tinggi, persaingan juga bisa sangat ketat karena dapat menjadi topik yang luas. Contoh short tail keyword seperti “Bunga Mawar”.

Sedangkan Long Tail Keywords merupakan kata kunci yang lebih panjang, lebih spesifik, dan cenderung menargetkan audiens yang lebih terfokus seperti contohnya adalah “Cara Menanam Bunga Mawar Di Pot”. Meskipun volume pencarian mungkin lebih rendah, mereka cenderung memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi karena relevansi yang lebih besar dengan tujuan pencarian pengguna. Long tail keywords cenderung menargetkan audiens yang lebih spesifik, sementara short tail keywords dapat memiliki volume pencarian yang lebih tinggi tetapi persaingan yang lebih ketat.

12. Label

Dalam dunia blogging dan website, istilah "label" memiliki arti yang khusus, terutama ketika berbicara tentang platform blogging tertentu, seperti Blogger atau WordPress. Dalam konteks ini, "label" mengacu pada kategori atau tag yang diberikan pada suatu posting atau artikel untuk mengkategorikannya dan membuatnya mudah dicari dan diorganisir.

Label digunakan untuk mengkategorikan posting atau artikel berdasarkan topik atau tema tertentu. Misalnya, jika Anda memiliki blog kuliner, Anda bisa memberikan label seperti "Resep," "Review Restoran," atau "Tips Memasak" pada setiap artikel, sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan konten yang sesuai dengan minat mereka.

13. Laman dan Halaman

Dalam dunia blogging dan website, istilah "laman" sering kali digunakan sebagai sinonim untuk "halaman." Namun, terkadang, terutama di platform blogging tertentu, "laman" dapat merujuk pada halaman khusus yang berbeda dari posting atau artikel di blog.

Halaman adalah bagian dari sebuah situs web yang berbeda dari posting atau artikel di blog. Halaman umumnya berisi konten yang lebih statis dan permanen, seperti "Tentang Kami," "Hubungi Kami," atau "Kebijakan Privasi." Halaman ini sering kali masuk ke dalam menu navigasi utama situs web. Contohnya seperti halaman "Tentang Kami" akan memberikan informasi tentang siapa pembuat blog atau situs web tersebut, sementara halaman "Kontak" bisa berisi informasi cara menghubungi pemilik atau administrator situs.

Sedangkan, Laman pada beberapa platform blogging, seperti Blogger atau WordPress, istilah "laman" dapat merujuk pada halaman khusus yang berbeda dari posting di blog. Laman ini seringkali digunakan untuk menyusun dan menampilkan konten yang lebih statis atau terstruktur dengan cara yang berbeda dari entri blog reguler. Misalnya, Anda mungkin memiliki laman yang berjudul "Tutorial" di mana Anda menyusun serangkaian posting tutorial atau artikel yang lebih terorganisir.

14. Meta Tag

Meta tag adalah bagian dari kode HTML pada halaman web yang memberikan informasi tambahan tentang konten halaman tersebut kepada mesin pencari dan browser. Meta tag tidak terlihat oleh pengunjung situs, tetapi mereka memberikan petunjuk dan informasi penting kepada mesin pencari dan perangkat lunak lainnya tentang cara menangani halaman tersebut.

15. Niche Blog

Niche blog merujuk pada blog yang fokus pada topik atau tema tertentu yang sangat spesifik. Sebaliknya, blog yang mencakup berbagai topik secara umum disebut sebagai blog umum, blog gado-gado atau blog "lifestyle." Memilih niche tertentu memungkinkan penulis blog untuk menargetkan audiens yang lebih terfokus dan membangun keahlian atau otoritas di dalam topik tersebut.

16. PageRank

PageRank adalah algoritma yang dikembangkan oleh pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin. Algoritma ini pertama kali digunakan oleh Google untuk menentukan seberapa penting atau otoritatif suatu halaman web dalam indeks mesin pencarinya. Meskipun saat ini banyak faktor yang memengaruhi peringkat halaman di hasil pencarian Google, PageRank tetap menjadi elemen penting di dalamnya.

17. PageView

Page view, atau sering disebut juga halaman dilihat, adalah metrik yang mengukur jumlah kali suatu halaman web atau dokumen telah dilihat atau dimuat oleh pengguna dalam suatu periode waktu tertentu. Ini adalah indikator seberapa sering halaman tersebut diakses oleh pengguna atau pengunjung. Page views adalah salah satu metrik kunci dalam analisis web dan digunakan oleh pemilik situs web, pemasar digital, dan analis web untuk mengevaluasi kinerja suatu situs.

18. Search Engine

Search engine, atau mesin pencari, adalah program perangkat lunak atau platform daring yang dirancang untuk menemukan, mengindeks, dan menyajikan informasi yang relevan berdasarkan kata kunci atau pertanyaan yang dimasukkan oleh pengguna. Tujuan utama mesin pencari adalah memberikan hasil yang paling relevan dan bermanfaat sesuai dengan kebutuhan pencari. Beberapa sreach engine yang paling popular didunia antara lain Google, Bing, Yahoo, DuckDuckGo, Baidu dan masih banyak lagi.

19. SERP

SERP, singkatan dari "Search Engine Results Page," adalah halaman hasil pencarian yang ditampilkan oleh mesin pencari setelah pengguna memasukkan kata kunci atau pertanyaan tertentu. SERP berisi daftar halaman web yang dianggap paling relevan dengan kata kunci atau pertanyaan yang dimasukkan oleh pengguna. Setiap hasil pada SERP biasanya terdiri dari judul, deskripsi singkat, dan tautan ke halaman web terkait.

Baca Juga : Cara Membuat Sitemap SEO Friendly di Blogger

20. Link dan URL

Link, atau tautan, adalah elemen dalam dokumen web yang dapat menghubungkan satu halaman atau bagian dari halaman dengan halaman atau bagian lainnya. Tautan memungkinkan pengguna untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain atau dari satu bagian konten ke bagian lainnya dengan mengklik teks, gambar, atau elemen lainnya yang bersifat tautan.

URL, atau Uniform Resource Locator, adalah alamat yang digunakan untuk mengidentifikasi secara unik sumber daya di internet. URL digunakan untuk merujuk ke halaman web, gambar, dokumen, atau jenis sumber daya online lainnya. Saat Anda memasukkan URL ke dalam browser web, itu memungkinkan browser untuk mengarahkan Anda secara langsung ke sumber daya yang ditentukan.

Link dan URL adalah dua konsep terkait dalam pengembangan web. URL, atau Uniform Resource Locator, adalah alamat spesifik yang mengidentifikasi lokasi suatu sumber daya di internet. URL merinci protokol, nama domain, path, parameter, dan fragment, memberikan alamat yang tepat di mana sumber daya dapat ditemukan. Sebagai contoh, dalam "https://www.storyedelweiss.com/page?id=123," "https://www.rumahtani.com/page?id=123" adalah URL. Di sisi lain, link adalah elemen dalam dokumen web yang memungkinkan pengguna berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Link dapat berupa teks, gambar, atau elemen lainnya yang dapat diklik untuk mengarahkan pengguna ke sumber daya yang terkait.

Demikianlah beberapa istilah dasar yang perlu anda ketahui jika ingin terjun dalam dunia tulis menulis online terutama blogging dan website. Istilah-istilah tersebut hanyalah sebagian kecil dari banyaknya istilah yang ada dalam dunia blogging dan website. Dunia blogging dan website merupakan dunia yang dinamis dan terus berkembang. Dengan memahami istilah-istilah kunci dalam ekosistem ini menjadi kunci untuk meraih kesuksesan online. Dengan menerapkan praktik terbaik, seperti SEO yang efektif, pemilihan domain yang tepat, dan pengelolaan konten yang baik melalui CMS, individu dan perusahaan dapat membangun keberadaan online yang kuat dan berpengaruh. Teruslah mengikuti perkembangan teknologi dan tren terkini untuk tetap relevan di dunia digital yang selalu berubah ini.

Post a Comment

Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.