Let's join to be our partner Join Now!

Free Download File Master Kalender 2021 M Format CDR

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Tahun 2021 sudah di depan mata, ditandai dengan pemerintah akan menerbitkan dan mengesahkan kalender 2021 Indonesia lengkap yang akan belaku selama tahun 2021. Hari libur nasional, cuti bersama, hari besar keagamaan, imlek 2021, idul fitri 2021, jadwal puasa Ramadhan. Kalender 2021 M kali ini akan lengkap kami sajikan untuk menjadi informasi bagi Anda dalam bentuk kalender 2021 cdr, pdf, png dengan desain kalender 2021 yang dapat kalian download dan modifikasi sesuai dengan kebutuhan kalian. Untuk file kalender 2021 CDR kalian dapat download di bawah ini.

Istilah kalender berasal dari bahasa Inggris modern calendar. Dalam Dictionary of The English Language, sebagaimana dikutip oleh Nashiruddin dalam disertasinya, istilah calendar berasal dari Bahasa Inggris pertengahan, yang asalnya dari bahasa Prancis calendier, yang berasal dari bahasa Latin kalendarium yang berarti “catatan pembukuan utang” atau “buku catatan bunga pinjaman”. Kata kalendarium dalam bahasa Latin sendiri berasal dari kata kalendae yang berarti hari pertama dari setiap bulan. Adapun makna kalender menurut Susiknan Azhari adalah sistem pengorganisasian satuan-satuan waktu untuk tujuan penandaan serta penghitungan waktu dalam jangka panjang.

Penentuan kalender di Indoneseia sendiri didasarkan pada Peraturan Pemerintah yang telah diatur mengatur dalam PP No. 24 tahun 1976 tentang Cuti Pegawai Negeri Sipil, Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Sipil Negara, Keputusan Presiden No. 3 Tahun 1983 tentang Perubahan Atas Kepres 251/1967 tentang Hari Libur Nasional. Telah diubah menjadi Keppres No. 10 Tahun 1971, dan Peraturan Presiden No. 7 Tahun 2015 tentang Organisasi Kementerian Negara. Maka ditetapkan oleh pemerintah untuk Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama.
Kalender Hijriah atau kalender Islam ditentukan berdasarkan peredaran Bulan, oleh karena itu kalender ini disebut juga sebagai kalender Kamariah (bulan). Penghitungan kalender hijriyah didasarkan pada pergerakan bulan (kamariyah). Setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW, diusulkan kapan dimulainya Tahun 1 Kalender Islam. Ada yang mengusulkan adalah tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW sebagai awal patokan penanggalan Islam. Ada yang mengusulkan pula awal patokan penanggalan Islam adalah tahun wafatnya Nabi Muhammad SAW. Dalam sejarah kalender hijriyah pertama kali ditetapkan sebagai tahun awal hijriyah pada masa Umar bin Al-Khattab R.A. Salah satu sumber menyebutkan tentang tidak adanya dasar penentuan waktu dalam satuan kalender tahunan dalam islam. Kemudian beliau bermusyawarah dengan para shahabat untuk mencari solusi atas permasalahan ini. Mereka memutuskan berijma’ untuk menjadikan momentum tahun saat hijrah Nabi Muhammad SAW, sebagai acuan awal perhitungan tahun hijriyah. Kalender Hijriyah memiliki 12 bulan dalam setahun. Dengan menggunakan siklus sinodik bulan, bilangan hari dalam satu tahunnya adalah (12 x 29,53059 hari = 354,36708 hari). Hal inilah yang menjelaskan 1 tahun Kalender Hijriah lebih pendek sekitar 11 hari dibanding dengan 1 tahun Kalender Masehi.

Terima kasih sudah berkunjung ke situs kami, semoga kita semua mendapatkan manfaat dan informasi yang baik. Untuk file kalender 2021 CDR bias didownload di bawah ini. Silahkan download kalender 2021 dalam format CDR melalui yang sudah kami sediakan dibawah ini. 



1 comment

  1. Makasih info kalender nya gan
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.