Let's join to be our partner Join Now!

Perencanaan Percobaan dan Riset Pertanian Melalui Program Minitab

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Perancangan percobaan dan riset pertanian serta teknik, menjadi dua sisi mata uang yang tak terpisahkan karena saling membutuhkan. Mata rantai penghubungnya adalah statistika sehingga keragaman atau perbedaan suatu populasi tidak mungkin diketahui hanya dengan melihat secara kasat mata tanpa bukti angka perhitungan. Kendati statistika dibutuhkan dalam riset namun dapat berubah menjadi kendala manakala ditemukan setumpuk data hasil percobaan yang harus dihitung dengan cepat, akurat, dan mengikuti kaidah ilmiah. Kendala ini ini terjawab dengan kehadiran program Minitab yang banyak menyediakan fitur-fitur perhitungan, plot gambar, dan teknik pengisian data, serta platform kerja yang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi saat ini.

Program MINITAB dapat digunakan pada hampir semua bidang. Yang terpenting, suatu bidang kajian itu memang memerlukan analisis kuantitatif karena memiliki angka-angka atau data. Analisis data secara kuantitatif itu tidak sekadar memplot data karena memiliki sumbu X dan Y, tetapi juga analisis dengan tujuan-tujuan tertentu. Secara spesifik contohnya adalah keinginan mengetahui hasil pertumbuhan tanaman kedelai jika mendapat perlakukan pemupukan Kalium pada dosis tertentu. Kita juga dapat menggunakan program MINITAB untuk analisis nonparametrik seperti kasus sosial atau kasus khusus pada bidang biologi dan pertanian. Nah, sekarang kinerja program MINITAB ini tergantung pada kemauan anda untuk mempelajarinya. Apakah anda hanya ingin tahu atau memiliki kemauan menjadikannya sebagai sarana keunggulan anda dibanding rekan-rekan yang lain? Jawabnya, tergantung pada kemauan anda untuk lebih maju dan berprestasi di dunia kerja.

Sebelum mempelajari program MINITAB, anda perlu memahami dua kemampuan dasar, yaitu komputer dan statistika. Kemampuan pertama, pengetahuan tentang komputer, berguna bagi anda untuk mengenal dan mengetahui pengertian dari istilah-istilah komputer seperti, sistem DOS, CPU, RAM, dan sebagainya. Untuk menggunakan buku ajar ini, penulis mengasumsikan bahwa pembaca telah memhami dengan baik. Kemampuan kedua, pengetahuan dasar statistika, untuk mengetahui maksud dan tujuan anda mengoperasikan program MINITAB. Hal ini penting dipahami karena program MINITAB hanyalah alat analisis bukan pakar yang menentukan hasil analisis anda. Oleh karena itu, hasil informasi yang diberikan MINITAB menjadi salah satu bahan untuk keputusan atau tujuan yang ingin anda raih.
Bagi anda yang belum pernah menggunakan komputer sama sekali, tidak perlu khawatir. Penulis sudah menyajikan daftar buku yang dapat dijadikan panduan lebih lanjut. Namun secara khusus, penulis menyarankan supaya anda mengenal komputer sejak dini. Baik melalui belajar mandiri maupun dengan mengikuti kursus singkat di lembaga terdekat yang ada di kota anda.


Diharapkan buku ini mampu menjadi media belajar yang baik, semoga bisa mempercepat minat pembaca dalam mempelajari ilmu statistika, serta memperluas pemahaman para pembaca tentang program Minitab ini. Penulis mengharapkan sumbang saran dan kritik untuk memperbaiki kualitas artikel ini, terutama pada penambahan konten-konten menarik serta perluasan topik yang dibutuhkan untuk masa ini dan kedepannya.

Post a Comment

Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.