Let's join to be our partner Join Now!

E-BOOK MORFOLOGI DAN KLASIFIKASI TANAH

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

Mata kuliah Morfologi dan Klasifikasi Tanah termasuk mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa di Jurusan Tanah. Sebelum mengambil mata kuliah ini, mahasiswa diharuskan mengambil beberapa mata kuliah dasar seperti Dasar-dasar Ilmu Tanah, Agrogeologi, Mineralogi Tanah, Klimatologi Pertanian. Pengetahuan tentang morfologi tanah di lapangan dan kemampuan untuk membedakan tanah yang satu dengan yang lainnya serta memberikan nama tanah itu sesuai dengan sifat dan cirinya sangat penting dimiliki oleh seorang lulusan Jurusan Tanah. Pada Bab Pendahuluan ini, diberikan pengertian tentang morfologi dari tanah serta sejarah ringkas klasifikasi tanah di tingkat dunia dan nasional. Diharapkan setelah selesai kuliah pertama ini mahasiswa mampu menjelaskan tentang morfologi dan pengertian akan klasifikasi tanah serta hubunga morfologi dan klasifikasi tanah dengan ilmu-ilmu tanah lainnyasecara khusu dan pertanian secara umum.

Pengetahuan tentang bentuk luar atau Morfologi tanah merupakan dasar untuk mengenal jenis-jenis tanah yang ada. Keragaman jenis tanah ini dipelajari dalam ilmu klasifikasi tanah. Ilmu ini merupakan ilmu dasar bagi setiap mahasiswa Jurusan Tanah. Dengan diketahuinya nama suatu tanah, berarti sifat dan ciri dasar dari tanah dapat dipahami agar tanah yang merupakan sumber daya alam yang sangat berharga ini dapat digunakan secara optimal baik untuk sektor pertanian maupun nonpertanian.

Download bukunya melalui icon dibawah ini

Ilmu klasifikasi tanah merupakan ilmu yang bersifat dinamis dengan tingkat perkembangan yang cepat sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan lainnya. Perkembangan ini harus diikuti dengan seksama terutama yang dilakukan oleh ahli ilmu tanah dari Amerika Serikat dan Eropah. Tim survey tanah (Soil Survey Staff) dari Amerika selalu memperbarui sistem taksonomi tanah setiap 2 tahun sekali. Sementara ahli ilmu tanah Eropah telah menyusun dan memodifikasi sistem FAOUNESCO menjadi World Reference Base for Soil Resources. Diharapkan buku ini dapat menjembatani mahasiswa dalam memahami buku teks klasifikasi tanah yang umumnya ditulis dalam bahasa Inggris.

Klasifikasi tanah merupakan bagian dari Pedologi. Pedologi mencakup genesis tanah, klasifikasi tanah dan pemetaan tanah. Ketiga ilmu di atas saling berkaitan, sehingga merupakan suatu rangkaian. Pedologi berhubungan erat dengan ilmu-ilmu pengetahuan dasar (basic science) yaitu kimia, fisika dan matematika; ilmu bumi (Klimatologi, Geologi, Mineralogi), ilmu hayati(Botani, Zoologi, Mikrobiologi) dan adapat diterapkan pada ilmu terapan yaitu Pertanian (agronomi), kehutanan dan teknik (enginering), sehingga klasifikasi tanah dapat dapat ikatakan sebagai ilmu yang interdisipliner.

Sistem klasifikasi tanah yang dibuatlah oleh para ahli survey dan klasifikasi tanah (Soil Survey Staff) Amerika Serikat dengan nama TaksonomiTanah (Soil Taxonomy) dapat dikatakan lebih maju dan lengkap bila dibandingkan dengan sistem klasifikasi tanah dari negara lainnya. Indonesia mengeluarkan sistem klasifikasi tanah sendiri yang dibuat pertama kali oleh Dudal dan Supraptoharjo (1957) dan Pusat Penelitian Tanah (PPT) Bogor tahun 1982. Pada waktu dilaksanakannya kongres ilmu tanah se Indonesia tahun 2011, disepakati untuk menyusun Sistem Klasifikasi Tanah Indonesia.

Post a Comment

Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.